PENGEMBANGAN MEDIA (PAKANTU) PAPAN KANTONG KARTU MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I SD NEGERI 14 MENDO BARAT

Detail Cantuman

skripsi

PENGEMBANGAN MEDIA (PAKANTU) PAPAN KANTONG KARTU MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I SD NEGERI 14 MENDO BARAT

XML

PENGEMBANGAN MEDIA (PAKANTU) PAPAN KANTONG KARTU
MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
SISWA KELAS I SD NEGERI 14 MENDO BARAT
Oleh:
Amanah
160141144
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media
pembelajaran yang bervariasi dan metode dalam pembelajaran yang digunakan
masih berbasis teori, pembelajarannya kurang efektif karna jumlah siswa yang
terlalu banyak. Hal ini diketahui dari hasil wawancara dengan guru kelas 1 SD
Negeri 14 Mendo Barat yang dimana dinyatakan masih banyak siswa yang belum
mencapai KKM pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan media (PAKANTU) Papan Kantong Kartu Materi Penjumlahan
dan Pengurangan yang layak Siswa Kelas I Sekolah Dasar.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode yang
digunakan penelitian pengembangan (Research and Development). Peneliti
menggunakan model Bord and Gall terdiri dari 9 tahap yang meliputi potensi
masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji
coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk.Teknik dan
instrument pengumpulan data menggunakan interview (wawancara), kuesioner
(angket), dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis data validasi ahli
dan analisis data respon siswa. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I
Sekolah Dasar dengan jumlah 30 orang peserta didik, 9 siswa (skala kecil) dan 21
siswa (skala besar). Yaitu terdiri dari 19 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki.
Penelitian ini menunjukan media (PAKANTU) Papan Kantong Kartu
layak sebagai media pembelajaran berdasarkan saran ahli. Presentase kelayakan
yang diberikan oleh ahli materi yaitu 80 % (layak), oleh ahli media 1 yaitu 82%
(layak) dan oleh ahli media 2 yaitu 80% (layak). Presentase kelayakan yang
diberikan dari hasil uji coba pemakaian media (skala kecil) memperoleh
presentase sebesar 100% (sangat layak) dan hasil uji coba pemakaian media (skala
besar) 100% (sangat layak). Maka dapat disimpulkan media (PAKANTU) Papan
Kantong Kartu yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media
pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I SD
Negeri 14 Mendo Barat
Kata Kunci : Media Papan Kantong Kartu, Matematika, Penjumlahan dan
Pengurangan.


Detail Information

Item Type
Penulis
AMANAH - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Prodi PGSD : UNMUH BABEL.,
Edisi
Subyek
No Panggil
372.2 AMA p
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail