PENGEMBANGAN MEDIA KARTU TEPUK PINTAR (KTP) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 10 TOBOALI

Detail Cantuman

skripsi

PENGEMBANGAN MEDIA KARTU TEPUK PINTAR (KTP) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 10 TOBOALI

XML

PENGEMBANGAN MEDIA KARTU TEPUK PINTAR (KTP) PADA
MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 10 TOBOALI
Oleh:
Ronia
NIM 160141134
ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunan media
pembelajaran yang masih terbatas sehingga hanya menggunakan media yang telah
disediakan, ketertarikan siswa dalam pembelajaran IPS sangat rendah sehingga
membuat siswa mudah merasa bosan dan kurangnya pemahaman siswa pada
materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan produk berupa media kartu tepuk pintar yang digunakan pada mata
pelajaran IPS untuk siswa kelas V SD Negeri 10 Toboali.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and
Develpment (R&D). Model pengembangan Brog and Gall dengan 9 tahap
pengembangan yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain
produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba
pemakaian dan revisi produk. Teknik dan instrumen pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data
kuantitatif.
Kelayakan dan keefektifan media kartu tepuk pintar dapat dilihat dari hasil
media, materi, bahasa, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Kelayakan
media diperoleh dari validator media dengan persentase 98% (sangat layak),
validator materi dengan persentase 90,67% (sangat layak) dan validator bahasa
tahap 1 dengan persentase 81,25% (sangat layak), validator bahasa tahap 2 dengan
persentase 87,5% (sangat layak), validator bahasa tahap 3 dengan persentase 85%
(sangat layak). Keefektifan media diperoleh dari hasil uji coba produk dan uji
coba pemakaian. Dari hasil uji coba skala kecil memperoleh persentase 94,44%
(sangat layak) dan hasil uji coba skala besar memperoleh persentase 98,55%
(sangat layak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu
tepuk pintar layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Media Kartu Tepuk Pintar, IPS


Detail Information

Item Type
Penulis
RONIA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Prodi PGSD : UNMUH BABEL.,
Edisi
Subyek
No Panggil
370.19 RON p
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail